You need to enable javaScript to run this app.

Pelaksanaan Kerjasama Tridharma Pendidikan STIKES Majapahit dengan RS. Radjiman Wediodiningrat

  • Kamis, 22 Februari 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Pelaksanaan Kerjasama Tridharma Pendidikan STIKES Majapahit dengan RS. Radjiman Wediodiningrat

Rabu, 21 Februari 2024 pukul 10.00 wib, para dosen Program Studi Pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan majapahit (STIKES Majapahit) menghadiri undangan dari RS Radjiman Wediodiningrat dalam rangka implementasi kerjasama Tridharma Pendidikan khususnya penelitian mahasiswa. Rombongan disambut oleh Direktur Bidang SDM RS. Radjiman Wediodiningrat. Pertemuan berlangsung di Ruang Pertemuan Welirang RS Radjiman Wediodiningrat. Dalam sambutannya Direktur Bidang SDM RS. Radjiman Wediodiningrat Dr. Mukti Eka Rahardian, Mars, MPH menyampaikan, "Kami di RS dalam memberikan pelayanan bukan hanya berorientasi pada kebutuhan kesembuhan dari pasien saja, namun sumberdaya, data atau apapun yg ada di RS semoga juga bisa memberikan manfaat dalam bidang penelitian. Sehingga nanti hasil penelitian yang ada bisa dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi ataupun internasional bereputasi".

Selain itu beliau juga menuturkan bahwa implementasi Kerjasama dan MoU ini perlu di tingkat agar dapat menyentuh tiga aspek dalam Tridharma Perguruan Tinggi, pihak RS juga tidak menutup kemungkinan untuk dapat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama antara STIKES Majapahit dan RS. Radjiman Wediodiningrat.

Kesempatan baik yang di berikan oleh Direktur Bidang SDM RS tersebut juga disambut baik oleh perwakilan STIKES Majapahit melalui Ketua Program Studi Pendidikan Ners STIKES Majapahit Ika Suhartanti, S.Kep.Ns., M.Kep., dalam sambutannya Ika menyampaikan “kerjasama yang sudah terjalin ini memang sudah harus mulai berkembang dalam ranah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”. Ika juga menambahkan “hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memfasilitasi hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa STIKES Majapahit yang juga menjadi perawat di RS Radjiman Wediodiningrat untuk dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta, apakah Sinta 5,4,3,2 atau 1”.

Selama kegiatan koordinasi implementasi kerjasama Tridharma Pendidikan khususnya penelitian mahasiswa juga menghasilkan sebuah diskusi yang hangat, interaktif dan memunculkan gagasan baru. Salah satunya gagasan yang disampaikan olejh Dr. Nany Wulandari selaku Tim Kerja Penelitian yang menyampaikan bahwa target target publikasi yang ingin di capai merupakan hasil riset tentang layanan unggulan di RS Radjiman Wediodiningrat seperti layanan di Psikogereatri, Anak dan Remaja, NAPZA, serta Day care autism. Lebih jauh dr. Nani juga menyampaikan bahwa “target publikasi. Target untuk tahun 2024 adalah publikasi 3 penelitian di triwulan 1 (Januari - Maret), 6 publikasi di triwulan 2 (April - Juni), serta 4 publikasi di triwulan 3 (Juli - September)”.

Direktur Bidang SDM RS. Radjiman Wediodiningrat Dr. Mukti Eka Rahardian, Mars, MPH dalam sesi diskusi juga menyampaikan jika penelitian yang bisa di lakukan di RS bukan hanya terfokus untuk mahasiswa keperawatan saja, namun juga bias dilakukan oleh mahasiswa S2 Kesehatan Masyarakat STIKES Majapahit. Peluang penelitian itu misalnya membuat pemodelan tentang layanan penitipan anak yg lain daripada yang lain atau yang sudah ada, nantinya dapat memanfaatkan ruang ruang yang kosong di RS Radjiman Wediodiningrat untuk digunakan sebagai pemodelan.”.

Diluar pembahasan penelitian serta publikasi, pihak RS Radjiman Wediodiningrat  juga menyampaikan bahwa tahun depan kerjasama untuk ijin belajar dari perawat RS Radjiman Wediodiningrat  masih tetap berlanjut. Hal ini di tunjukkan dengan adanya pengajuan perawat RS Radjiman Wediodiningrat  unuk ijin belajar ke STIKES Majapahit  sejumlah 35 perawat di tahun akademik 2024-2025.

Tentunya kegiatan pagi sampai siang itu menghasilkan suatu rumusan implementasi kerjasama Tridharma Pendidikan yang sangat nyata dan baik, khususnya dalam hal publikasi hasil riset yang perlu untuk segera dilaksanakan. Dengan begitu akan memberikan manfaat tercapainya Kinerja RS Radjiman Wediodiningrat dalam bidang publikasi hasil penelitian atau riset dan juga menambah kualitas publikasi baik dosen maupun mahasiswa Prodi S1 Keperawatan SIKES Majapahit dalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi.

Kontributor : Kusuma & Puspitaningsih

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Media Sosial
Berlangganan