You need to enable javaScript to run this app.

Kontribusi Sosial Mahasiswa STIKES Majapahit Pada Kegiatan Modul Nusantara

Kontribusi Sosial Mahasiswa STIKES Majapahit Pada Kegiatan Modul Nusantara

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) adalah pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebinekaan dan sistem alih kredit sebanyak 20 sks. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis program ini pada tahun 2021, seiring dengan banyaknya program yang ditawarkan pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Adapun manfaat yang didapat dari program PMMDN adalah mahasiswa dapat berjumpa dengan mahasiswa lain dari perguruan tinggi yang berbeda, mendapatkan pengalaman langsung dan mempelajari kebudayaan daerah lainnya melalui pembelajaran Modul Nusantara, dapat memperluas atau meningkatkan kompetensi akademiknya, dan dapat mengembangkan kepemimpinan, percaya diri dan kepekaan sosial.

Salah satu mahasiswa STIKES Majapahit yang berhasil lolos pada program PMMDN Angkatan 1 tahun 2021 adalah Oki Nurkhasanah dari Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat semester 3. Rangkaian dalam program PMMDN adalah selain mahasiswa dapat merasakan suasana akademik di perguruan tinggi penerima dan perguruan tinggi mitra, mahasiswa juga melaksanakan pembelajaran Modul Nusantara. Berbagai kegiatan dilakukan pada Modul Nusantara, salah satunya adalah kontribusi sosial. Oki Nurkhasanah melakukan kegiatan kontribusi sosial dengan tema “Peran Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Memberikan Edukasi kepada Siswa/i Sekolah Menengah Pertama Terhadap Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19”. Kegiatan dilakukan di SMPN 1 Kutorejo Mojokerto.

Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain: memberikan edukasi mengenai pencegahan dan pengendalian COVID-19, menerapkan cara pencegahan dan pengendalian yang sudah diajarkan, seperti mencuci tangan dengan baik dan benar dan mengambil sampah di sekitar lingkungan sekolah, dan memberikan reward kepada siswa/i  peserta yang berpartisipasi aktif selama kegiatan. Kegiatan kontribusi sosial ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kelompok sasaran tentang pentingnya pengendalian COVID-19 dan ara pencegahan agar tercapai kesehatan yang baik di masyarakat pada umumnya dan khususnya pada remaja.

 

Mojokerto, 16 Februari 2022

 

-ON-

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Media Sosial
Berlangganan