You need to enable javaScript to run this app.

Workshop & Peninjauan Kurikulum STIKES Majapahit Tahun 2022

Workshop & Peninjauan Kurikulum STIKES Majapahit Tahun 2022

Kurikulum merupakan sebuah sistem untuk mengatur proses pembelajaran di institusi pendidikan. Evaluasi dan peninjauan harus senantiasa dilakukan untuk menjaga mutu pendidikan serta menyesuaikan dengan issue terkini dan menyesuaikan perkembangan jaman. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit senantiasa menjaga mutu pendidikan dengan melakukan peninjauan dan penyesuaian kurikulum sesuai dengan kebijakan dan perkembangan yang ada.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit Mojokerto telah menyelenggarakan Workshop dan Peninjauan Kurikulum Tahun 2021. Kegiatan berlangsung pada tanggal 10-12 Februari 2022 yang diikuti oleh seluruh jajaran dosen dari Program Studi S1 Kebidanan, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kesehatan Masyarakat. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan mutu kurikulum pada program studi di lingkungan STIKES Majapahit dan meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun dokumen kurikulum. Narasumber yg memberikan materi selama kegiatan antara lain:

  1. Kasiati,S.Pd.,S.Tr.Keb.,M.Kes.
  2. Sestu Retno DA,S.Kp. M.Kes.
  3. Muji Sulistyowati, S.KM., M.Kes.
  4. Diah Indriani, S.Si., M.Si.

Adapun seluruh peserta workshop mendapatkan e-sertifikat dengan satuan satuan kredit sejumlah 2 SKP Aipkind, 3 SKP PPNI dan 3 SKP IAKMI.

Kegiatan peninjauan kurikulum tersebut juga dihadiri oleh undangan yaitu stake holder, alumni, serta mahasiswa dari masing-masing program studi yang menyampaikan masukan dan saran terkait kebutuhan kurikulum yang akan datang yang relevan dengan kebutuhan stakeholder.

Masukan dan saran dari undangan tersebut antara lain: Perlunya penekanan lebih kurikulum pada softskill lulusan yaitu komunikasi, etika, serta disiplin; Perlunya peningkatan kompetensi skill khusus bagi lulusan diantaranya terkait kompetensi tentang Haemodialisis dan kompetensi dasar; Perlu memperbanyak peningkatan skill melalui praktikum dilapangan; Perlunya peninjauan dan penambahan skill yang relevan dengan kebutuhan saat ini dan yang selaras dengan kebijakan lokal atau daerah; Serta banyak lagi masukan yang tidak dapat disebutkan semua pada ulasan ini.

Peninjauan Kurikulum dilanjutkan dengan workshop yang dilakukan pada masing-masing prodi sehingga menghasilkan rumusan profil lulusan prodi serta rumusan struktur kurikulum dan rancangan RPS yang relevan dengan perkembangan dan kebijakan saat ini. Kurikulum yang dihasilkan diharapkan memberikan hasil optimal untuk lulusan selama 5 tahun kedepan sehingga mutu pendidikan di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit tetap terjamin.

Salam Majapahit Jaya!!!

Mojokerto, 14 Februari 2022

~DP~

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Media Sosial
Berlangganan