You need to enable javaScript to run this app.

Kegiatan Zoominar Seri 5 STIKes Majapahit dengan Tema

  • Kamis, 13 Agustus 2020
  • Administrator
  • 1 komentar
Kegiatan Zoominar Seri 5 STIKes Majapahit dengan Tema

STIKes Majapahit menyelenggarakan zoominar dengan topik utama “INOVASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAIN ADAPTASI KEBIASAAN BARU” pada hari Rabu 5 Agustus 2020. Zoominar ini diikuti oleh mahasiswa , praktisi pendidikan baik tingkat perguruan tinggi maupun tingat pendidikaan dasar pendidikan menengah dan pendidikan  beserta peserta dan diikuti masyarakat pada umumnya. Zoominar ini dapat disaksikan melalui 2 media, yaitu Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube pada Channel STIKes Majapahit. Kegiatan zoominar kali ini merupakan Zoominar Seri ke-5 dari rangkaian acara Zoominar yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit. Zoominar kali bertujuan untuk memberikan informasi masyarakat terkait inovasi pembelajaran daring pada masa adaptasi kebiasaan baru dari pengaruh covid-19..

Narasumber pada kegiatan zoominar ini terdiri atas tiga orang, yaitu Irena Yoalina Maureen, S.Pd.M.Sc ( P.Hd candidate University  Twente the Nedherland dan merupakan dosen Univesitas Negeri Surabaya serta TIM SPADA Kemdikbud RI) yang menyampaikan materi “Kiat pembelajaran daring melalui 3 M ( media, metode, materi)”;  Nara sumber ke dua adalah Akhmad Syamsuri A, M.Pd (Praktisi Pendidikan Kabupaten Mojokerto) dengan judul materi ‘Strategi pembelajaran daring yang efektif dan anti bosan”; dan narasumber ketiga adalah Sulis Diana, M.Kes (Wakil Ketua I STIKes Majapahit Mojokerto) yang menyampaikan materi berjudul “pembelajaran DARING di STIKes Majapahit. Sesi zoominar dipandu oleh moderator yaitu Dyah Siwi Hety (Dosen Kebidanan STIKes Majapahit).

Dalam situasi normalpembelajaran tatap muka adalah hal yang harus di;akukan pada dunia pendidikan baik itu tingkat pendikan dasar maupun pendidikan tingi. Saat ini, Indonesia dan dunia sedang menghadapi bencana nasional non alam COVID-19 sehingga pada dunia pendidikan mengalami beberapa gejolak. Yaitu yang awalnya pembelajarn langsung menjadi pembelajaran daring.

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, banyak pembatasan hampir ke semua lfasilitas dan layanan rutin termasuk pelayanan pendidikan. Yaitu pembelajran harus dari rumah dan  Adanya pembatasan-pembantasan tersebut mengharuskan dunia pendidikan untuk tetap memberikan pelayanan yang baik dalam bentuk pembelajaran DARING yang diulakukan secara onlime. Dan barun pertama kali dilakukan di Indonesia secara meyeluruh.

Pendidik memiliki peran sangat penting dalam memberikan pembelajaran pada siswa maupun mahasiswanya pada masa pandemic COVID-19. Seperti disampaikan oleh bapak Akhmad Syamsuri A, M.Pd bahwa para pendidik harus mampu memberikan stategi pembelajaran daring yang efektif serta membuat pembelajaran daring anti bosan salah satu caranya  yaitu dengan mengubah cara mengajar oleh pendidik, mengubah cara belajar anak, mengubah interaksi antara orang tua dan anak dimana orang tua menjadi guru pengganti di rumah dengan cara anak mandiri belajar

Menurut Irena Yoalina Maureen, S.Pd.M.Sc  kebiasaan baru dalam dunia pendidikan yaitu dengan digilisasi di masa krisis  pandemic covid-19. Yaitu dengan memanfaatkan perangkat digital, memberikan pengalaman semaksimal mungkin serta komunikatif yaitu dengan cara spesifikasi perangkat digital, fleksibel dan kooperatif serrta motivasional dan inspiratif. Pembelajarn dimasa krisis ini dapat dilakukan dengan media grup chat, telegram, video conference, audio conference, PPT interaktif, forum diskusi daring.

Pembelajaran yang diterapkan di STIKEs Majapahit menurut wakil ketua I ibu Sulis Diana M.Kes adalah dengan cara dilakukan secara daring bagi pembelajaran teori dan pembelajaran praktik dilakukan di kampus dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat, adapun trategi pembelajarannya yaitu debgab tutorial daring, bahan ajar dalam bentuk digital, memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT.

Sebagai informasi, kegiatan zoominar ini merupakan seri – 5 dari rangkaian zoominar yang diselenggarakan oleh STIKes Majapahit. Untuk rangkaian zoominar selanjutnya akan segera direlease di media sosial dan ditayangkan secara live di Channel Youtube STIKes Majapahit dengan topik yang tidak kalah menarik dari zoominar sebelumnya (SP 8/8/2020).

 

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"Sangat baik"
21 Aug 2020 17:03 Amitha Cellia Putri Arsinta

Beri Komentar

Media Sosial
Berlangganan