You need to enable javaScript to run this app.

ZOOMINAR SERI-2 STIKes Majapahit "Proses Keperawatan Holistik Pada ODHA Di Masa New Normal Pandemi COVID-19"

  • Jum'at, 17 Juli 2020
  • Administrator
  • 10 komentar
ZOOMINAR SERI-2 STIKes Majapahit

       Program Pendidikan Ners STIKes Majapahit menyelenggarakan zoominar dengan topik utama “Proses Keperawatan Holistik Pada ODHA Di Masa New Normal Pandemi COVID-19” pada hari Rabu, 15 Juli 2020. Zoominar ini diikuti oleh mahasiswa dan perawat dari seluruh Indonesia melalui 2 media, yaitu melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube pada Channel STIKes Majapahit. Kegiatan bertujuan untuk memberikan informasi terkait proses asuhan keperawatan yang dapat diberikan pada ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) secara holistik, baik dari aspek biologis, psikologis, spiritual, dan kultural.

       Narasumber pada kegiatan zoominar ini terdiri dari dua orang dosen, yaitu Tri Nurhudi Sasono, S.Kep., Ns., M.Kep (Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama STIKes Kepanjen – Malang) dengan judul materi yang disampaikan adalah Pendampingan ODHA Di Masa New Normal Pandemi COVID-19 Melalui Pendekatan Asuhan Keperawatan. Narasumber kedua yaitu Atikah Fatmawati, S.Kep., Ns., M.Kep. (Ketua Unit Penjaminan Mutu STIKes Majapahit - Mojokerto) dengan judul materi yang disampaikan adalah Terapi Komplementer dan Alternatif Pada ODHA Di Masa New Normal Pandemi COVID-19. Sesi zoominar dipandu oleh moderator yaitu Ike Prafita Sari, S.Kep., Ns., M.Kep. (Sekretaris Program Studi Ners STIKes Majapahit).

         Sebagaimana diketahui bahwa di awal tahun 2020 dunia dilanda Pandemi COVID-19. Jumlah kasus yang terus meningkat seolah sedikit menutupi kasus penyakit lain yang jumlahnya juga tidak sedikit, yaitu HIV-AIDS. ODHA sebagai salah satu kelompok berisiko terpapar COVID-19, hal ini dikarenakan status imunitas yang menurun akibat virus HIV membuat ODHA rentan tertular berbagai macam penyakit. Intervensi yang dapat dilakukan antara lain memberikan perawatan pada aspek biologis, psikologis, sosial, dan juga spiritual. Serta yang tidak kalah penting adalah memastikan ketersediaan dan keterjangkauan obat ARV yang merupakan terapi utama pada ODHA. Selain berkarir sebagai dosen, Tri Nurhudi Sasono juga merupakan CEO dari Yayasan Cakap yang menaungi Rumah Singgah Warga Peduli AIDS (WPA) di Turen – Malang. “Saya berharap bahwa seluruh lapisan masyarakat turut berperan serta aktif dalam perawatan ODHA terlebih di masa pendemi seperti saat ini. Dan hal yang tidak kalah penting adalah tidak adanya stigma negatif terhadap ODHA karena bagaimanapun juga mereka tetap memiliki hak untuk hidup secara aman, nyaman, dan tenang”, ujarnya.

        Selain kebutuhan akan perawatan secara holistik, ODHA pun perlu diberikan terapi-terapi pelengkap (komplementer) tanpa meninggalkan terapi utamanya yaitu Antiretroviral. Hal ini dikarenakan kondisi penyakit dan kebutuhan pengobatan dalam jangka waktu yang cukup lama, bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan munculnya gangguan pada aspek psikologis, diantaranya stress, depresi, bahkan penurunan kualitas hidup. Beberapa intervensi terapi komplementer yang dapat diaplikasikan pada ODHA, antara lain terapi seni dan terapi musik. Seperti yang dijelaskan oleh Atikah Fatmawati bahwa terapi-terapi ini cenderung bersifat sederhana akan tetapi jika dilakukan sesuai dengan protokol dan panduan yang tepat akan dapat membawa hasil yang positif bagi kesehatan psikologis, yang hasil akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup ODHA. “Dukungan keluarga juga tidak kalah penting, sebab keluarga-lah yang akan berinteraksi dan merawat ODHA setiap harinya”, tutupnya di akhir sesi zoominar.

    Sebagai informasi, kegiatan zoominar ini merupakan seri – 2 dari rangkaian zoominar yang diselenggarakan oleh STIKes Majapahit. Untuk rangkaian zoominar selanjutnya akan segera direlease di media sosial dan ditayangkan secara live di Channel Youtube STIKes Majapahit dengan topik yang tidak kalah menarik dari zoominar sebelumnya. (AFW/15/07/2020).

Bagikan artikel ini:

10 Komentar

"Assalamualaikum Mohon informasi E-sertifikat zoominar seri 2 proses keperawatan holistik pada ODHA yg dilaksanakan pada tanggal 15/7/2020. Trimakasih"
20 Jul 2020 12:57 Esti yuliyanti
"Kereen...bagus... Majapahit Jaya karena punya alumnus-alumnus yang hebat... tetap beramal dan selalu istiqomah menjadi yang terbaik yaaaa... semangaat...."
20 Jul 2020 09:11 eka diah kartiningrum
"Kerenn pembicanya mantap"
19 Jul 2020 11:50 Sari
"Alhamdulillah. Smg berkah barokah"
17 Jul 2020 15:06 Nurul hidayah
"Alhamdulillah. Smg berkah barokah."
17 Jul 2020 15:04 Nurul hidayah
"Alhamdulillah...manfaat dan Barokallah ilmunya...MAJAPAHIT JAYA..."
17 Jul 2020 14:15 Mujiadi
"Semoga istiqomah"
17 Jul 2020 13:23 Fifin
"Materinya sangat menarik, ditunggu webinar berikutnya"
17 Jul 2020 13:05 Dian Irawati
"Kereeen.... Majapahit Jaya.Ditunggu acara web binar selanjutnyaaa"
17 Jul 2020 12:59 Asih Media
"Mantaaap"
17 Jul 2020 12:57 Dhonna Anggreni

Beri Komentar

Media Sosial
Berlangganan