Sekilas Tentang LPPM STIKes Majapahit Mojokerto

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Majapahit Mojokerto berdiri sejak tahun 2006 dengan berdasarkan SK Ketua STIKes Majapahit No 1021/SK-SM/I/2006 yang dipimpin oleh seorang ketua LPPM dan dengan dibantu oleh sekretaris dan 3 unit yakni unit penelitian, pendidikan dan pengembangan, unit pengabdian masyarakat, dan unit data, monitoring dan evaluasi. Namun pasca merger pada bulan Agustus tahun 2017 dengan Politeknik Kesehatan Majapahit dimana unit data, monitoring dan evaluasi merupakan salah satu unit dalam Unit Penjaminan Mutu (UPM) STIKes Majapahit Mojokerto maka terdapat perubahan dalam struktur organisasi LPPM sesuai dengan SK Ketua STIKes Nomor 653/ SK-SM/I/2018 dimana Ketua LPPM dibantu oleh kepala bidang Penelitian dan kepala bidang pengabdian masyarakat serta seorang staf administrasi.
Tugas pokok dan fungsi LPPM STIKes Majapahit Mojokerto adalah sebagai pengelola kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh seluruh civitas akademik di STIKes Majapahit Mojokerto. Standar pengelolaan kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh STIKes Majapahit Mojokerto ditetapkan berdasarkan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menetapkan 8 standar penelitian demikian juga dengan standar pengabdian masyarakat. Tema utama penelitian dan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di STIKes Majapahit adalah Kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan berbasis IPTEK yang dikembangkan dalam 3 bidangĀ  yakni keperawatan dengan tema comprehensive dan continuity nursing care untuk kesejahteraan masyarakat bidang kegawat daruratan, bidang kebidanan dengan tema mom and baby care untuk penurunan kematian ibu dan anak serta bidang kesehatan masyarakat dengan tema promotive and prevention care untuk mendukung SDGs. Ketiga tema tersebut dibreakdown menjadi 9-12 topik yang masing-masing dikembangkan oleh semua program studi. Setiap program studi menetapkan topik unggulan yang diselesaikan setiap 5 tahunan.

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dibreakdown dalam Renstra Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang telah disusun sejak 2006 dan telah diperbarui pada tanggal 22 April 2018 dengan no kode dokumen 102 untuk renstra penelitian 2018-2022 menggantikan renstra penelitian 2016-2020. Renstra pengabdian masyarakat juga diperbarui dengan disahkan oleh Ketua STIKes Majapahit Mojokerto pada tanggal 22 April 2018 dengan no kode dokumen 103 menggantikan renstra pengabdian masyarakat tahun 2016-2020.

Semoga bersama LPPM STIKes Majapahit, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan seluruh civitas akademika menjadi lebih berkualitas dan mampu terpublikasikan dengan baik dan bermanfaat dalam mensukseskan pembangunan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Majapahit Jaya,
Ketua LPPM STIKes Majapahit

Eka Diah K, MKes

One comment on “Sekilas Tentang LPPM STIKes Majapahit Mojokerto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *