Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit

Jl. Raya Gayaman Km.02 Mojoanyar Mojokerto

Unggul, Berprestasi & Mandiri

Pendampingan Pemahaman Metodologi Penelitian Kuantitatif Berbasis Statistika Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Hasil Penelitian Di Lingkungan Dosen Stikes Mojokerto

Senin, 30 Nopember 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 116 Kali

Jumat, 27 November 2020 LPPM STIKes Majapahit Mojokerto bekerjasama dengan Laboratorium Statistik Lingkungan dan Kesehatan, Departemen Statistika Fakultas Sains dan Analitika Data ITS Surabaya mengadakan acara  Pendampingan Pemahaman Metodologi Penelitian Kuantitatif Berbasis Statistika Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Hasil Penelitian Di Lingkungan Dosen Stikes Mojokerto.Acara ini terselenggara sebagai bentuk pelaksanaan renstra LPPM STIKes Majapahit dalam rangka mewujudkan visi STIKes Majapahit yang ke 2 yaitu mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian secara professional yang berorientasi pada pengembangan dan penerapan IPTEKS berwawasan global. Melalui kegiatan ini, harapan ketua Stikes Majapahit sebagaimana tercantum dalam sambutannya dapat terjadi perkembangan kemampuan analisis statistik dosen sehingga mampu meningkatkan kualitas dosen dalam mengelola data penelitian dan secara tidak langsung mampu meningkatkan kualitas proposal dalam program hibah baik secara internal maupun hibah Kemenristek dan hibah eksternal lainnya. Sehingga pada tahun 2021 LPPM berharap nilai ranking penelitian maupun pengabdian masyarakat STIKes Majapahit tetap bisa dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan.

Dalam sambutannya Kepala Laboratorium Statistika Lingkungan dan Kesehatan ITS Surabaya, Dr Bambang Widjanarko Otok,M.Si menjelaskan bahwa kemampuan analisis data dosen menentukan ketercapaian dan pengembangan roadmap penelitian yang dikembangkan oleh perguruan tinggi. Harapannya kegiatan ini dapat berlangsung kembali tahun 2021 pada tingkat aplikasi yang lebih advance. Materi pertama Statistik Spasial disampaikan oleh Dr. Achmad Choiruddin, M.Sc. Pemateri menjelaskan tentang konsep dasar pemikiran analisis spasial dan persyaratannya serta contoh aplikasi analisis spasial. Materi ke 2 tentang Analisis Survival yang disampaikan oleh  Jerry D.T Purnomo, M.Si., Ph.D dan Dr. Santi W. Purnami, M.Si. Materi kedua menjelaskan konsep dasar analisis survival, serta langkah-langkah melakukan analisis spasial. Materi ke 3 (terakhir) tentang Analisis Multivariate dan SEM yang diampu oleh Dr. Bambang Widjanarko Otok, M.Si & Dr. Purhadi, M.Sc. Pemateri menjelaskan konsep dasar berpikir multivariate serta syarat SEM serta software yang digunakan dalam analisis multivariate dan SEM. Setelah materi ke 3 disampaikan dilanjutkan pada sesi diskusi yang berlangsung selama 45 menit. Sesi diskusi banyak membahas tentang aplikasi analisis spasial dan survival serta kemungkinan pelaksanaannya dalam pengkajian Covid 19. Banyak fakta dan fenomena menarik untuk dikaji dengan analissi survival, spasial maupun multivariate yang lain. Acara ditutup pada pukul 16.00 setelah foto bersama. Semua berharap semoga pandemi segera berakhir dan kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan aplikasi praktek secara langsung selama beberapa hari sehingga peserta bisa langsung mengaplikasikan software sesuai dengan kebutuhan. (EDK/27/11/2020).

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT