You need to enable javaScript to run this app.

Perpustakaan

  • Selasa, 15 Mei 2018
  • Administrator
  • 0 komentar

Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah pusat aktivitas belajar dan pelayanan informasi dan dokumentasi ilmiah di Perguruan Tinggi.
Undang-undang No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 55 menyebutkan bahwa salah satu syarat untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi harus memiliki Perpustakaan. Dan dalam Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Pepustakaan dalam pasal 1, disebutkan bahwa Perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Sedangkan perpustakaan perguruan tinggi (PPT) merupakan unit pelaksana teknis (UPT) yang bersama-sama dengan unit lain melaksanakan Tri Dharma PT (Perguruan Tinggi) melalui menghimpun, memilih, mengolah, merawat serta melayankan sumber informasi kepada lembaga induk khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya.(Pedoman PPT, Jakarta: Dirjen DIKTI, 1994, hal. 3) Adapun yang termasuk dalam PT meliputi universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik dan atau PT lain yang sederajat.

PPT sering diibaratkan sebagai jantungnya Perguruan Tinggi (the heart of university), maka keberadaannya harus ada agar dapat memberikan layanan kepada sivitas akademika sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan tentang pedoman, pengelolaan maupun upaya pencapaian pada standar PPT yang baku.

STIKES MAJAPAHIT terdapat perpustakaan dimana perpustakaan adalah salah satu Unit Penunjang Teknis (UPT) di bidang perpustakaan yang berada dibawah koordinasi Badan Pelaksana Teknis (BPT) dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Stikes. Unit perpustakaan mempunyai tugas memberikan layanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Layanan yang dipakai pada Perpustakaan Kampus Stikes Majapahit adalah sistem layanan terbuka. System layanan ini memberikan kebebasan kepada pamakai untuk mencari dan menemukan bahan pustakan yang diperlukan secara langsung. Tujuan layanan terbuka adalah memberikan kesempatan kepada pemakai untuk mendapatkan koleksi seluas-luasnya, tidak hanya sekedar membaca-baca, tetapi mengetahui berbagai alternative dari pilihan koleksi yang ada dirak, yang kira-kira dapat mendukung penelitiannya.
Adapun jenis layanan yang dapat diberikan di Perpustakaan ini antara lain Layanan Sirkulasi (peminjaman dan pengembalian koleksi), Layanan penelusuran OPAC, Layanan referensi, Layanan penelusuran e-jurnal, Layanan khusus (Skripsi dan KTI) dan Layanan administrasi (Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan, Pembuatan surat bebas tanggungan pustaka) dengan waktu pelayanan :
Senin - Jumat : 07.30 - 15.30


FASILITAS DAN SARANA PRASARANA

  • Gedung
  • Koleksi bahan pustaka (buku 1430 judul 4142 exemplar, jurnal 29 Judul 292 Exemplar, Karya Tulis Ilmiah/Skripsi 2010 Judul)
  • Mebeler (meja baca individu, meja kerja karyawan, rak buku, rak koran, rak majalah, lemari display, meja katalog, loker penitipan tas)
  • Komputer
  • Printer
  • Ruang Ber AC dan Wifi Area
  • Adanya Sistem Informasi Perpustakaan, dapat diakses di www.poltekkesmajapahit.ac.id/opac
Bagikan artikel ini:
Media Sosial
Berlangganan